Beranda » Sejarah » Kompas “Dari Relasi Upeti Ke Mitra Strategis: 2.000 Tahun Perjalanan Hubungan Tiongkok-Indonesia”
click image to preview activate zoom
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! FAST ORDER
Bagikan ke

Kompas “Dari Relasi Upeti Ke Mitra Strategis: 2.000 Tahun Perjalanan Hubungan Tiongkok-Indonesia”

  • Penerbit : Penerbit Buku Kompas
  • Penulis : Prof. Liang Liji
  • ISBN : 978-979-709-619-9
  • Deskripsi Fisik : 594 Halaman
  • Cover : Soft
  • Tahun Penerbitan : 2012

 

Kompas “Dari Relasi Upeti Ke Mitra Strategis: 2.000 Tahun Perjalanan Hubungan Tiongkok-Indonesia”


Sejarah hubungan Tiongkok dan Indonesia telah berlangsung sekitar 2.000 tahun. Dimulai sejak dibukanya jalur sutra laut di zaman Dinasti Han (206 SM-220 M). Seperti halnya pengiriman utusan, pengiriman upeti dari raja-raja Nusantara ke “Kaisar Sejagat” di Tiongkok merupakan tradisi yang lazim dilakukan kala itu. Namun, benarkah pemberian upeti merupakan tanda tunduk dan patuh atau hanya simbol hubungan baik di antara kedua bangsa?

Prof. Liang Liji meneliti hubungan Tiongkok-Indonesia sejak zaman tradisi pemberian upeti, masa bekunya hubungan diplomatik selama 23 tahun di era Orde Baru, hingga ke masa Perjanjian Kemitraan Strategis, 2005. Ia antara lain memakai berbagi referensi kitab-kitab sejarah Tiongkok kuno, terutama kitab-kitab zaman Dinasti Ming. Dalam kajiannya, Liang Liji selalu menitik beratkan pada unsur-unsur persamaan dan persahabatan, bukan perbedaan, apalagi perselisihan.

Buku yang perlu dibaca di era kebangkitan kembali Tiongkok sebagai kekuatan politik dan ekonomi dunia saat ini. Terutama untuk memahami mengapa pertalian kedua bangsa begitu erat dan sulit diputuskan. Tiongkok dan Indonesia merupakan dua negara besar dan berpengaruh di Asia. Kemajuan bersama hanya bisa dicapai jika kedua bangsa saling memahami dan menghormati.

∗∗∗

PROF LIANG LIN lahir di Bandung tahun 1927. Mengalami zaman penjajahan Belanda, Jepang, masa revolusi, serta zaman awal kemerdekaan Indonesia. Lulus dari Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa Timur, Universitas Peking pada 1954. Pernah menjadi anggota tim penerjemah bagi Soekarno saat presiden Indonesia itu mengunjungi Tiongkok tahun 1956. Berperan besar dalam pengukuran Kamus Baru Bahasa Indonesia-Tionghoa yang pertama kali diterbitkan di Tiongkok tahun 1958 dan, setelah disempurnakan, diterbitkan kembali tahun 2000 sebagai Kamus Lengkap Indonesia-Tionghoa oleh Penerbit Elex Media Komputindo.

Tags: , , ,

Kompas “Dari Relasi Upeti Ke Mitra Strategis: 2.000 Tahun Perjalanan Hubungan Tiongkok-Indonesia”

Berat 637 gram
Kondisi Baru
Dilihat 341 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: