Beranda » Manajemen » Manajemen Konvensional » Salemba Empat “Manajemen Keuangan Sektor Publik: Problematika Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah”
click image to preview activate zoom
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! FAST ORDER
Bagikan ke

Salemba Empat “Manajemen Keuangan Sektor Publik: Problematika Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah”

  • Penerbit : Salemba Empat
  • Penulis : Abdul Halim
  • ISBN : 978-979-061-395-9
  • Cover : Soft

 

Salemba Empat “Manajemen Keuangan Sektor Publik: Problematika Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah”

 Buku Manajemen Keuangan Sektor Publik: Problematika Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara/Daerah) merupakan buku yang berisi kumpulan tulisan tulisan yang membahas berbagai macam topik dan bidang kajian dalam Manajemen Keuangan Sektor Publik (MKSP). Buku ini mencoba memberikan beberapa gambaran dan bahasa problematika yang dihadapi oleh organisasi pemerintah, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah sebagal sebuah organisasi publik. Problematika dimaksud adalah yang terkait penerimaan dan pengeluaran dana atau uang publik dalam pengelolaan anggaran pendapatan belanja negara (APBN) dan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Buku ini terdiri atas tiga bagian. Bagian Pertama membahas seputar Problematika Penerimaan dan Pengeluaran pada APBN yang diawali Bab 1 yang berisi pengantar untuk mengenal dan memahami persoalan mendasar tentang MKSP Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran awal bagi pembaca tentang berbagai bidang kajian problematika dalam MKSP dan menggambarkan sistematika serta kerangka berpikir yang menjadi dasar penyusunan buku ini. Bahasan selanjutnya terkait antara lain masalah Penerimaan Perpájakan dan Penerimaan Dana dari Hutang: Selain itu, membahas masalah Penyerapan Anggaran, termasuk masalah adanya idle cash masalah Dana cash, dan Perimbangan yakni Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus. Pada Bagian Kedua, bahasan yang dikemukakan mencakup Problematika Penerimaan dan Pengeluaran APBD yang berisikan bahasan Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah, Potensi Hibah. Pinjaman Daenh, Penyertaan Modal Daerah, kemudian juga mencakup masalah Belanja Modal Daerah, dan Belanja Hibah tentang BOS. Bagian Ketiga berisikan bahasan masalah-masalah khusus dalam Penerimaan dan Pengeluaran APBN/D yakni masalah Subsidi dan juga Dana Bencana. Bahasan tentang subsidi terkait subsidi listrik dan subsidi pangan. Selain itu, terdapat bahasan tentang Pengalihan PBB-P2 dan BPHTB dari Pusat ke Daerah.

Dengan bahasan-bahasan tersebut diharapkan pemerhati dan pembaca tentang pengelolaan keuangan publik/pemerintah dapat sebuah gambaran tentang problematika yang dihadapi dalam manajemen keuangan publik/pemerintah. Dengan gambaran problematika tersebut pula maka pemahaman terhadap manajemen keuangan publik akan lebih memadai di tengah-teng banyak problematika manajemen APBN/D di Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta ini. Dengan gambaran problematika problematika tersebut, maka harapan ke depan adalah bahwa pengelolaan keuangan negara/pemerintah diyakini akan lebih baik dan lebih akuntabel serta dipahami oleh masyarakat.

Tags: , , , ,

Salemba Empat “Manajemen Keuangan Sektor Publik: Problematika Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah”

Berat 407 gram
Kondisi Baru
Dilihat 267 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: