Beranda » Sejarah » Kompas “Tahrir Square: Jantung Revolusi Mesir”
click image to preview activate zoom
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! FAST ORDER
Bagikan ke

Kompas “Tahrir Square: Jantung Revolusi Mesir”

  • Penerbit: Penerbit Buku Kompas
  • Penulis: Trias Kuncahyono
  • ISBN: 978-979-709-728-8
  • Deskripsi Fisik: 390 Halaman
  • Cover: Soft
  • Tahun Penerbitan: 2013

 

Kompas “Tahrir Square: Jantung Revolusi Mesir”


Tersingkirnya Presiden Hosni Mubarak lewat revolusi rakyat dukungan militer pada tahun 2011, ternyata tidak segera menciptakan Mesir yang aman, damai, dan tentram. Pertarungan antara tiga kekuatan masih terus berlanjut. Ketiga kekuatan politik itu adalah, kelompok Islam, dengan Ikhwanul Muslimin, sebagai kekuatan utamanya. Kedua, sisa-sisa mantan rezim (Hosni Mubarak) atau para pendukung negara hegemonik, dengan kekuatan utamanya adalah angkatan bersenjata dan aparat keamanan. Ketiga, gerakan demokratik, dengan pemain utamanya adalah Front Penyelamat Nasional. Mereka pernah bersatu menumbangkan Hosni Mubarak. Tetapi, akhirnya bertarung lagi.

∗∗∗

“Buku ini membantu kita belajar cepat tentang Mesir, termasuk latar belakang revolusi yang menjatuhkan Presiden Hosni Mubarak dan kerusuhan yang mengguncang Presiden Muhammad Mursi. Dengan lihai penulis mengantar pembaca meniti satu persatu bagian dari Mesir. Bahasanya ringan, gayanya romantis, tapi diisi dengan rujukan pustaka yang kaya. Yang awam sekalipun pasti bisa menikmati buku ini.”

Dinna Wisnu, Pemerhati Bidang Politik Ekonomi Internasional dari Universitas Paramadina.

Secara saksama penulis menempatkan dirinya di antara cerita yang dikisahkannya kepada pembaca. Inilah yang membuat cerita-cerita tentang revolusi di Mesir hadir sebagai sebuah novel. Jelas ada struktur cerita, pergerakan alur, dan dialog-dialog yang secara perlahan menggiring kita untuk memahami apa sesungguhnya yang terjadi. Dalam bingkai seperti ini serta tuturan yang detail, kita seperti sedang mendapati diri bersama penulis berada di Alun-alun Tahrir, Kairo, di mana rakyat meneriakkan api revolusi. Selain mendapatkan pemahaman yang utuh tentang Revolusi Lotus di Mesir, kita juga mencernanya sebagai buku yang imajinatif, karena ia memberikan kita keleluasaan untuk turut membayangkan betapa ber darah-darahnya revolusi itu. Inilah buku yang memadukan ilmu pengetahuan, jurnalistik, dan sastra.

Putu Fajar Arcana, Novelis dan Editor Kebudayaan Kompas.

Tags: , , ,

Kompas “Tahrir Square: Jantung Revolusi Mesir”

Berat 352 gram
Kondisi Baru
Dilihat 457 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: