Beranda » Sejarah » Kompas “Operasi Sandi Yudha: Menumpas Gerakan Klandestin”
click image to preview activate zoom
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! FAST ORDER
Bagikan ke

Kompas “Operasi Sandi Yudha: Menumpas Gerakan Klandestin”

  • Penerbit : Penerbit Buku Kompas
  • Penulis : A.M. Hendropriyono
  • ISBN : 978-979-709-713-4
  • Deskripsi Fisik : 202 Halaman
  • Cover : Soft
  • Tahun Penerbitan : 2013

 

Kompas “Operasi Sandi Yudha: Menumpas Gerakan Klandestin”


Jenderal TNI (Purn.) A.M. Hendropriyono pada tahun 1968 pernah bertugas di Kalimantan Barat (1968) sebagai perwira muda dari pasukan elite Puspassus (cikal bakal Kopassus sekarang). Ketika itu ia tergabung dalam Detasemen Tempur 13 yang ditugasi melaksanakan operasi para komando. Di masa penugasan yang kedua ia tergabung dalam Satuan Tugas 42 yang diberi tanggung jawab melaksanakan operasi Sandi Yudha. Pada masa itulah Hendropriyono menerapkan taktik anti-inserjensi dan klandestin yang disebut “Operasi Balik, yaitu operasi yang menghadapkan musuh dengan musuh.

Tugas pasukan Sandi Yudha adalah melaksanakan perang inkonvensional, perang yang tidak tunduk kepada hukum internasional. Unconventional warfare yang pernah terjadi di medan pertempuran Kalimantan Utara (Inggris) dan kemu dian di Kalimantan Barat (Indonesia), diceritakan Hendro Priyono dalam konteks siasat yaitu metode yang mencakup tataran strategi sampai tataran taktis/teknis operasional. Dengan melakukan kilas balik ingatan terhadap pelaksanaan operasi Sandi Yudha sekitar empat dekade yang lalu, diharapkan kita bisa menemukan metode yang paling tepat dalam perang teror-anti teror pada masa kini.

∗∗∗

JENDERAL TNI (PURN.) A.M. HENDROPRIYONO lulusan AMN Magelang (1967), Australian Intelligence Course di Woodside (1971), United States Army General Staff College di Fort Leavenworth, Amerika Serikat (1980), Sekolah Staf dan Komando (Sesko) ABRI Tahun 2009 meraih gelar doktor filsafat di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dengan predikat Cum Laude. Saat ini menjadi pengamat terorisme dan narasumber media massa dan berbagai lembaga.

Tags: , ,

Kompas “Operasi Sandi Yudha: Menumpas Gerakan Klandestin”

Berat 224 gram
Kondisi Baru
Dilihat 401 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: