Beranda » Sejarah » Kompas “Perang Napoleon Di Jawa 1811: Kekalahan Memalukan Gubernur Jenderal Janssens”
click image to preview activate zoom
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! FAST ORDER
Bagikan ke

Kompas “Perang Napoleon Di Jawa 1811: Kekalahan Memalukan Gubernur Jenderal Janssens”

  • Penerbit : Penerbit Buku Kompas
  • Penulis : Jean Rocher
  • ISBN : 978-979-709-592-5
  • Deskripsi Fisik : 280 Halaman
  • Cover : Soft
  • Tahun Penerbitan : 2011

 

Kompas “Perang Napoleon Di Jawa 1811: Kekalahan Memalukan Gubernur Jenderal Janssens”


“Pertahankan Jawa, berapa pun harganya!” Itu perintah Kaisar Napoléon I kepada Menteri Kelautan dan Wilayah Jajahan Perancis Admiral Decres, Oktober 1810. Pada awal abad ke-19 itu, di Samudra Hindia, Perancis hanya punya kekuasaan di Mauritius, Bourbon, dan Jawa. Bahkan pada masa antara 1808 dan 1811, tinggal Pulau Jawa daerah koloni Perancis yang tersisa di Asia.

Ketika menjadi Gubernur Jenderal di Jawa, Daendels berulang kali minta Napoléon mengirim pasukan bantuan untuk mempertahankan pulau itu dari serbuan Inggris. Namun, yang akhirnya dikirim adalah Janssens, Jenderal penjilat yang lebih paham ilmu logistik ketimbang ilmu perang. la memimpin armada campang-camping berisi pasukan pemabuk yang sama sekali tak punya disiplin. Merekalah yang ditugasi memperkuat pertahanan Perancis di Jawa.

Pada Agustus 1811, armada Inggris tiba dengan 100 kapal perang yang memadati Teluk Jakarta. Pertempuran pecah di Batavia, Meester Cornelis (Jatinegara), dan terakhir di Jatingaleh, Semarang. Dipimpin Jenderal Auchmuty, pasukan Inggris yang terdiri dari tentara Eropa dan India, dengan mudah membuat kocar-kacir bala tentara Perancis-gabungan antara serdadu Perancis, Belanda, dan pribumi. Berakhir sudah kekuasaan Perancis di Hindia Timur.

Mengapa keinginan Napoléon untuk mengirim 10.000 pasukan ke Jawa tak pernah terlaksana? Bagaimana pula nasib sang pecundang “Jenderal Sembako” Janssens? Dapatkan jawabnya dalam novel berlatar sejarah kolonial ini yang berkisah tentang manusia manusia yang berjuang dengan hati terbelah.

∗∗∗

JEAN ROCHER dilahirkan di Bois-Colombes, Perancis, 21 Februari 1950. Seorang militer lulusan Akademi Militer Saint-Cyr 1971-1973. Antara 1993 dan 1997 bertugas di Indonesia sebagai atase pertahanan di Kedubes Perancis di Jakarta. Pernah menulis sejumlah artikel tentang sejarah dan kebudayaan Indonesia di Archipel dan Le Banian, dua majalah kajian Indonesia yang terbit di Paris, Sebelumnya sudah menulis dua novel lain yang juga diterjemahkan dan diterbitkan Indonesia, Salah satunya berjudul Keping Ratusan Terakhir, Petualangan intel Perancis di Indonesia (2001)

Tags: , ,

Kompas “Perang Napoleon Di Jawa 1811: Kekalahan Memalukan Gubernur Jenderal Janssens”

Berat 281 gram
Kondisi Baru
Dilihat 235 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: