Beranda » Sejarah » Kompas “Dari Invasi Ke Rekonsiliasi: Dinamika Hubungan Falintil-Forca De Defesa De Timor Leste dan Tentara Nasional Indonesia”
click image to preview activate zoom
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! FAST ORDER
Bagikan ke

Kompas “Dari Invasi Ke Rekonsiliasi: Dinamika Hubungan Falintil-Forca De Defesa De Timor Leste dan Tentara Nasional Indonesia”

  • Penerbit : Penerbit Buku Kompas
  • Penulis : Julio Thomas Pinto
  • ISBN : 978-979-709-891-9
  • Deskripsi Fisik : –
  • Cover : Soft
  • Tahun Penerbitan : –

 

Kompas “Dari Invasi Ke Rekonsiliasi: Dinamika Hubungan Falintil-Forca De Defesa De Timor Leste dan Tentara Nasional Indonesia”


WARNA sejarah hubungan FALINTIL-Forca de Defesa de Timor Leste (FALINTIL-FDTL) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) kian cerah seiring membaiknya hubungan kedua negara Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) dan Republik Indonesia. Dalam rentang waktu 24 tahun, setelah Indonesia didukung oleh negara-negara adidaya seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Australia menjejakkan kekuasaannya di Timor Leste di penghujung 1975, kedua institusi militer/pertahanan terlibat dalam konfrontasi fisik. Keduanya bertempur untuk tujuan masing-masing: FALINTIL demi kemerdekaan, TNI untuk integrasi. Korban nyawa dan harta berjatuhan rakyat Timor Leste, pun para prajurit TNI.

PASCA restorasi kemerdekaan Timor Leste, 20 Mei 2002, pimpinan kedua negara dan institusi pertahanannya meneguhkan komitmen untuk menjadi bangsa dan negara bertetangga. Spirit “Teman dapat dipilih, tetapi tetangga tidak dapat dipilih memperkuat komitmen tersebut. Kini, respek dan saling percaya menjadi keniscayaan. Dulu invasi, kini rekonsiliasi: Permusuhan, dendam, dan aksi saling bunuh diganti persahabatan, keakraban, dan kerjasama Pun, tak ada kebencian personal karena para prajurit itu menjalankan komando satuan dan misi negaranya masing-masing. Sekarang saatnya melangkah masa depan dalam pigura kebersamaan dan persaudaraan. Avanca…!!!

∗∗∗

Tak mudah menjalin kembali hubungan antara dua pihak yang bermusuhan dan saling memerangi selama lebih dari dua dekade. Prediksi banyak orang, bahwa hubungan Timor Leste dan Indonesia bakal sangat sulit diperbaiki kembali, ternyata terpatahkan. Dalam waktu singkat, dua negara bertetangga ini mampu melakukan rekonsiliasi dan membangun kerja sama multisektor berlandaskan kemerdekaan dan kedaulatan masing-masing

KAY RALA XANANA GUSMAO – PERDANA MENTERI TIMOR LESTE

Buku ini merupakan studi pertama tentang hubungan antara FALINTIL-FDTL dan TNI di tingkat strategi dan kerja sama militer, kiranya memberikan kontribusi demi terciptanya iklim pengertian, persahabatan, dan rekonsiliasi.

DOM CARLOS FILIPE XIMENES BELO – PENERIMA NOBEL PERDAMAIAN 1096

Buku ini menggambarkan pergeseran signifikan dalam sejarah TNI dan FALINTIL-FDT, dari saling berjauhan menuju kedekatan dari permusuhan menuju persahabatan, dari pertempuran fisik menuju kerja sama dalam waktu relatif singkat.

A.M. HENDROPRIYONO – MANTAN KEPALA BADAN INTELIJEN NEGARA (INDONESIA)

Interaksi antara TNI dan FALINTIL-FDTL berjalan dalam pentahapan dan nuansa yang sempurna sebagai institusi bhayangkari negara Patut diapresiasi upaya Dr. Julio Tomas Pinto untuk mengabadikannya dalam buku ini, demi kepentingan bersama kedua bangsa.

AGUS WIDJOJO – MANTAN KOMISIONER KOMISI KEBENARAN DAN PERSAHABATAN INDONESIA-TIMOR LESTE

Tags: , , , ,

Kompas “Dari Invasi Ke Rekonsiliasi: Dinamika Hubungan Falintil-Forca De Defesa De Timor Leste dan Tentara Nasional Indonesia”

Berat 318 gram
Kondisi Baru
Dilihat 256 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: