Beranda » Sejarah » Kompas “Auman Terakhir Macan Tamil: Perang Sipil Sri Lanka 1976-2009”
click image to preview activate zoom
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! FAST ORDER
Bagikan ke

Kompas “Auman Terakhir Macan Tamil: Perang Sipil Sri Lanka 1976-2009”

  • Penerbit : Penerbit Buku Kompas
  • Penulis : Yoki Rakaryan Sukarjaputra
  • ISBN : 978-979-709-511-6
  • Deskripsi Fisik : 203 Halaman.
  • Cover: Soft
  • Tahun Penerbitan : 2010

 

Kompas “Auman Terakhir Macan Tamil: Perang Sipil Sri Lanka 1976-2009”

Pengeboman Bank Sentral merupakan salah satu serangan paling mematikan yang dilakukan Macan Tamil saat berlangsung perang sipil di Sri Lanka. Penyerangan itu terjadi pada 31 Januari 1996 di ibu kota Sri Lanka, Kolombo. Ketika itu sebuah mobil bak terbuka yang membawa sekitar 220 kilogram peledak berkekuatan tinggi ditabrakkan melalui gerbang utama Bank Sentral. Ledakan bom mobil tersebut me newaskan 91 orang dan melukai 1.400 orang lainnya.

Pembebasan Tamil Eelam (LTTE) di Sri Lanka merupakan gerakan perlawanan bersenjata terlama yang pernah terjadi di sebuah negara pasca-Perang Dunia II. Sejak tahun 1976, dibawah pimpinan Velupillai Prabhakaran, Macan Tamil terus mengobarkan pemberon takan terhadap rezim suku Sinhala yang berkuasa di negara Asia Selatan itu. Banyak orang berdecak kagum sekaligus mempertanyakan kemampuan pemerintah dan angkatan bersenjata Sri Lanka dalam mengatasi “gangguan” Macan Tamil.

Buku ini mengupas kisah di balik munculnya gerakan perlawanan Macan Tamil, kondisi sosial-politik yang memicu warga Tamil Sri Lanka memberontak, serta episode-episode aksi pemberontakan yang disebut Perang Eelam, yang berujung pada kematian sang pemimpin, Prabha karan.

Layak menjadi referensi bagi siapa saja dalam menyikapi hidup dalam sebuah masyarakat negeri yang majemuk. Bagi kalangan militer, buku ini juga berisi jurus-jurus strategi perang gerilya modern yang terjadi di era globalisasi, dilengkapi dengan foto serta peta yang bisa menuntun pembaca.

∗∗∗

Yoki Rakaryan Sukarjaputra, lahir di Bandung, Jawa Barat, 20 Februari 1967 Bergabung dengan Kelompok Kompas Gramedia sejak pertengahan 1989 dari Bandung, sebelum lulus dari Fakultas ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Setelah lulus pada 2001 hingga sekarang, penulis tetap setia menekuni profesi wartawan di Harian Kompas sampai saat ini. Penulis dianugerahi Adam Malik Awards, yaitu penghargaan penulisan bidang internasional terbaik dari Departemen Luar Negeri RI, pada tahun 2006

Tags: , ,

Kompas “Auman Terakhir Macan Tamil: Perang Sipil Sri Lanka 1976-2009”

Berat 215 gram
Kondisi Baru
Dilihat 358 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: