Beranda » Politik » Salemba Empat “Reformasi Kedua: Melanjutkan Estafet Reformasi”
click image to preview activate zoom
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! FAST ORDER
Bagikan ke

Salemba Empat “Reformasi Kedua: Melanjutkan Estafet Reformasi”

  • Penerbit: Salemba Empat
  • Penulis: Eko Prasojo
  • ISBN: 978-979-17492-7-5
  • Deskripsi Fisik: 232 Halaman
  • Cover: Soft
  • Tahun Penerbitan: 2009

 

Salemba Empat “Reformasi Kedua: Melanjutkan Estafet Reformasi”


Indonesia saat ini adalah sebuah negara dan bangsa yang sedang berada dalam pusaran perubahan. Bermula dari gerakan reformasi pada tahun 1998 yang ditandai dengan pergantian rezim, perubahan itu terus berlanjut menyebar ke berbagai aspek. Reformasi yang berjalan berlarut-larut sehingga menimbulkan fenomena kontra-produktif ini bisa ditelusuri akar persoalannya. Selama ini, yang menjadi akar persoalannya adalah defisit komitmen politik dan ketiadaan arah pertumbuhan yang jelas dalam suatu cetak putih (white-print) yang disepakati segenap komponen bangsa ini.

Buku ini bermuara pada kesimpulan bahwa reformasi harus dilanjutkan pada fase berikutnya, yakni fase yang mulai dijalankan secara tertata sistemik, dan mengandalkan sinergi lintas-aspek dan lintas-elemen bangsa. Selain dituturkan dalam bahasa yang sederhana dan sistematis, buku ini juga mengemukakan suatu model hubungan antara pusat dan daerah di Indonesia yang mengarah pada pengimbangan antara arus sentripetalisme dan sentrifugalisme. REFORMASI KEDUA yang menyambung estafet reformasi sebelumnya memberikan solusi yang menghadirkan kerangka berpikir sistemik, sekaligus menyentuh level praktis serta merupakan jawaban bagi kebekuan upaya perubahan di negeri ini buku ini.

∗∗∗

“Buku ini menggambarkan perubahan yang terjadi sejak tahun 1997 dalam bidang politik, pemberantasan korupsi, pembangunan administrasi negara, dan pemerintahan daerah. Selain melakukan analisis terhadap masalah reformasi di empat bidang tersebut, penulis juga memberikan gagasan baru bagaimana para elite dapat melanjutkan estafet reformasi. Buku ini dituturkan dalam bahasa yang sederhana dan sistematis, tetapi secara substansial analisisnya sangat tajam.”

(Dr. R. Siti Zuhro, MA, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia-LIPI)

“Buku ini terbit bukan hanya tepat karena bersamaan dengan pemilu anggota legislatif dan provider, tetapi lebih karena banyak kalangan sudah mulai meragukan apakah telah berlangsung secara benar. Di sisi lain, buku ini tidak hanya memberikan catatan kritis tetapi juga menawarkan solusi atas persoalan yang timbul dalam desentralisasi dan penyelenggaraan pemerintahan daerah di Indonesia sejak tahun 2001.

(Dr.J. Kristiadi, Centre for Strategic and International Studies)

“Buku yang memberikan gambaran mengenai administrasi yang sedang berlangsung di Indonesia. Menarik dibaca karena penulis tidak hanya memberikan masalah, tetapi juga perspektif solusi atas masalah yang muncul dalam reformasi. Selain itu, buku ini juga disajikan dalam bahasa yang populer.”

(Dr. Roy V. Salomo, Ketua Departemen Administrasi FISIP UI)

Reformasi kelembagaan negara menjadi prasyarat penting bagi kemajuan suatu bangsa. Buku ini menganalisis keberadaan lembaga negara yang baru di Indonesia, khususnya Mahkamah Konstitusi dan Dewan Perwakilan Daerah. Penulis memberikan kritik sekaligus konstruksi baru bagi pembangunan kelembagaan negara,”

(Prof. Dr. Safri Nugraha, SH. L LM. Dekan Fakultas Hukum UI)

Tags: , ,

Salemba Empat “Reformasi Kedua: Melanjutkan Estafet Reformasi”

Berat 323 gram
Kondisi Baru
Dilihat 221 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: