Beranda » Inspiratif » Kompas “Semua Berawal Dengan Keteladanan: Catatan Kritis Rosihan Anwar”
click image to preview activate zoom
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! FAST ORDER
Bagikan ke

Kompas “Semua Berawal Dengan Keteladanan: Catatan Kritis Rosihan Anwar”

  • Penerbit : Penerbit Buku Kompas
  • Penulis : Rosihan Anwar
  • ISBN : 978-979-709-307-5
  • Cover : Soft
  • Tahun Penerbitan : 2007

 

Kompas “Semua Berawal Dengan Keteladanan: Catatan Kritis Rosihan Anwar”


Benarkah Ini? Benarkah Itu? Apakah benar Roeslan Abdulgani, Juru Bicara Manipol USDEK di masa Orde Lama dan penyelenggara BP7 di zaman Orde Baru, agen intelijen Belanda? Bagaimana Jenderal Simon Spoor, Panglima KNIL, menemui kematian setelah makan siang di Tanjung Priok? Tengku Hasan di Tiro, warga Negara Swedia, beristeri orang Amerika, masih berani mengaku sebagai Sultan Aceh? Tommy Soeharto, stranger than fiction. Gus Dur, Megawati, SBY ternyata satu garis keturunan. Adi Sasono, calon presiden dengan potongan crew cut, sangar, kenceng, jarang tersenyum. Willem Oltmans, wartawan homo, sahabat Bung Karno

Selebritis muncul di semua zaman, hadir pada beragam bidang, nampak di setiap peristiwa. Apalagi, dalam 24 jam kehidupan hiruk pikuk metropolitan Jakarta yang akan segera tumbuh menjadi megapolitan.

Rosihan Anwar muncul di semua zaman, hadir pada beragam bidang. nampak di setiap peristiwa yang terjadi sejak tahun 2000. Seminggu sekali, tanpa absen, dengan setia dia mengisi kolom Halo Selebritis di tabloid sangat popular Cek & Ricek. Rosihan tidak sekadar mengamati, dia mencatat, mengkritisi dan melaporkan langsung kepada khalayak. Sering dengan nada sinis, tidak jarang mengejek. Namun dengan keberanian luar biasa oleh karena facts are sacred, fakta adalah suci, Rosihan mengungkap segalanya hingga apa yang ber atau ter, sembunyi.

“Saya sadar, ruang gerak saya telah semakin tambah sempit, dibatasi usia, keadaan fisik serta pikiran yang mulai berkurang sekali daya mampunya,” begitu Rosihan Anwar mengaku.
Jangan percaya, sekali lagi jangan percaya.

Keluhan di atas sudah ditulis Rosihan Anwar tahun 1983, atau hampir seperempat abad silam. Ternyata, sampai hari ini dia masih tetap menulis, menulis, dan menulis.

Apa ciri pokok wartawan baik?

Jakob Oetama menyebutkan, “… harus punya karakter ulet, karena itu punya sikap terbuka, peka, dan peduli, punya orientasi berikut pandangan beyond serta transcend, selalu berada di tengah masyarakat dan di antara peristiwa .”

Rosihan Anwar punya itu semua. Dia membuktikannya lewat buku ini.

Tags: , ,

Kompas “Semua Berawal Dengan Keteladanan: Catatan Kritis Rosihan Anwar”

Berat 587 gram
Kondisi Baru
Dilihat 313 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: