Beranda » Sejarah » Kompas “Merawat Bangsa: Sejarah Pergerakan Para Dokter Indonesia”
click image to preview activate zoom
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! FAST ORDER
Bagikan ke

Kompas “Merawat Bangsa: Sejarah Pergerakan Para Dokter Indonesia”

  • Penerbit: Penerbit Buku Kompas
  • Penulis: Hans Pols
  • ISBN: 978-602-412-552-3
  • Deskripsi Fisik: 400 Halaman
  • Cover: Soft
  • Tahun Penerbitan: 2019

 

Kompas “Merawat Bangsa: Sejarah Pergerakan Para Dokter Indonesia”


SELAIN perjuangan fisik, lahirnya Republik Indonesia justru penuh dengan dinamika perjuangan ide dan gagasan. Kaum intelektual memberi sentuhan dan warna dalam proses diseminasi wawasan kebangsaan. Sejak zaman kolonial, peran ini salah satunya ternyata melekat dalam diri para dokter pribumi, yang juga disebut dokter dokter Hindia Belanda.

Melalui sekolah dokter STOVIA di Batavia dan NIAS di Surabaya, yang kelak menjadi Sekolah Tinggi Kedokteran (Geneeskundige Hogeschool), mereka tak hanya berkanjang dalam bidang kesehatan, melainkan juga masuk ke ranah pergerakan kemerdekaan. Sederet nama yang selama ini lebih dikenal sebagai pahlawan pergerakan nasional, lahir dari rahim pendidikan dokter profesional.

Mereka ikut bergumul dalam masa-masa krisis pada awal lahirnya Republik ini. Siapa saja mereka; bagaimana peran dan jatuh bangunnya perjuangan mereka dalam fase fase kritis pembentukan bangsa Indonesia di masa kolonial dan awal kemerdekaan?

∗∗∗

Buku ini berfokus pada peran dokter dokter Indonesia dalam pergerakan nasional di zaman kolonial. Para dokter bangsa ini bahu-membahu merawat dan memastikan Republik yang lahir dalam lingkungan revolusi fisik ini tetap hidup melalui masa-masa krisis di awal kelahirannya. Hans Pols mendokumentasikan secara menyeluruh dan cermat peran para dokter tersebut dan mengabadikannya dalam judul yang tepat, Merawat Bangsa: Sejarah Pergerakan Para Dokter Indonesia.

PROF. DR. SANGKOT MARZUKI, Ph.D., D.Sc.,  Ketua AIPI 2008-2018.

Buku ini penting dan perlu dibaca, terutama bagi para insan yang berkecimpung di bidang kesehatan. Di dalamnya dikisahkan mengenai pembangunan kesehatan di Hindia Belanda di mana subjek pelaku di dalam penulisan adalah para dokter pribumi. Mereka inilah yang sangat berjasa terhadap masyarakat di Tanah Air.

DR. dr. RUSHDY HOESEIN, M.Hum. , Peneliti Sejarah Kedokteran di Indonesia.

Buku ini menggambarkan secara menarik perjalanan sejarah yang diwarnai oleh peran para dokter Hindia Belanda, tidak hanya dalam mengembangkan pendidikan kesehatan dan kedokteran, tetapi juga dalam keikutsertaan mereka dalam kegiatan berpolitik. Para dokter Hindia Belanda, dan kemudian dilanjutkan oleh para dokter Indonesia ini telah berjasa dalam menorehkan butir-butir mutiara dalam sejarah yang dicakup dalam makna Merawat Bangsa.

PROFESSOR R. SJAMSUHIDAJAT, Guru Besar Ilmu Bedah (Emeritus) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

∗∗∗

Profesor Hans Pols adalah Kepala Sekolah Sejarah dan Filsafat Ilmu Pengetahuan di Universitas Sydney, Australia. Dia tertarik pada seja rah kedokteran era kolonial serta transformasi penelitian medis dan praktik kedokteran yang berlangsung selama masa proses dekolonisasi. Penelitiannya berfokus pada Hindia Belanda dan Indonesia, serta pada psikiatri dan kesehatan mental. Selain menjadi peneliti sejarah psikiatri dan kesehatan mental di Hindia Belanda dan Indonesia, Hans Pols juga terlibat dalam beberapa proyek yang bertujuan untuk membentuk masa depan perawatan kesehatan mental di Indonesia.

Tags: , ,

Kompas “Merawat Bangsa: Sejarah Pergerakan Para Dokter Indonesia”

Berat 474 gram
Kondisi Baru
Dilihat 1.109 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: