Beranda » Novel » Novel Sejarah » Imania “Sandyakala Mataram: Sirnanya Impian Sang Khalifatullah Tanah Jawa”
click image to preview activate zoom
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! FAST ORDER
Bagikan ke

Imania “Sandyakala Mataram: Sirnanya Impian Sang Khalifatullah Tanah Jawa”

  • Penerbit: Penerbit Imania
  • Penulis: E.R. Asura
  • ISBN: 978-602-7926-10-3
  • Deskripsi Fisik:-
  • Cover: Soft
  • Tahun Penerbitan: 2014

 

Imania “Sandyakala Mataram: Sirnanya Impian Sang Khalifatullah Tanah Jawa”


Penyerbuan Keraton Yogyakarta oleh pasukan Inggris tidak sebatas mempermalukan Kanjeng Sultan ke titik nadir, tapi semakin memperteguh keyakinan Pangeran Diponegoro bila keraton telah kehilangan kekuatan gaibnya, seperti yang pernah dialami leluhurnya Sultan Amangkurat. Musababnya tak lain raja yang tidak adil, ulama yang tidak bisa dipercaya dan hakim yang telah luntur kejujurannya.

Penghinaan dan perampokan keraton luar biasa itu pun menyisakan duka yang tak mudah diobati, tentang tercerabutnya adat istiadat keraton digantikan tradisi Eropa, pengaruh ini mengalir deras ke dalam kehidupan rakyat jelata yang tengah terjepit madat dan judi menjadi pelarian mereka yang frustrasi. Tidak ada cara lain untuk menenteramkan bumi Mataram kecuali munculnya seorang raja yang adil, ulama yang kembali dipercaya dan hakim yang jujur. Impian itu mengkristal tentang akan munculnya sosok Ratu Adil. Pandangan pun mengarah kepada Pangeran Diponegoro, sehingga semakin menjauhlah kaki sang pangeran dari hiruk-pikuk keraton

Dalam masa ini pemberontakan semakin masif dan yang mengatas- namakan Ratu Adil sampai yang mencari kesempatan untuk memperkaya diri sendiri. Bau amis darah itu semakin menyengat tercium saat keraton menjadi panggung pertunjukan bagaimana keserakahan berbalut asmara dipertontonkan. Dua kali pergantian raja sama sekali tak menunjukkan perubahan, sebab rata-rata yang muncul adalah seorang raja, bukan seorang raja sekaligus panetep agama. Bukan seorang wali wudhar Langkah Pangeran Sindoro Telah ditetapkan-menyebarkan benih ke segala lapisan sambil menunggu kapan gong dibunyikan.

∗∗∗

“Salut pada Kang Enang, yang begitu intens menulis novel ini, mengajak kembali ke masa ratusan tahun lalu, namun terasa dekat sehingga saya merasakan kekuatan dan beratnya hidup, hormat saya beribu kali lipat atas perjuangan Pangeran Diponegoro. Dia lahir dari kesedihan dan tanggung jawab akan nasib rakyatnya. Buku ini wajib dibaca oleh para pemimpin bangsa di tanah air ini, agar memahami arti sebuah kepemimpinan”.

–Happy Salma, aktris, penggiat film dan teater

Tags: , ,

Imania “Sandyakala Mataram: Sirnanya Impian Sang Khalifatullah Tanah Jawa”

Berat 321 gram
Kondisi Baru
Dilihat 306 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: