Beranda » Agama » Umum » Kompas “Jerusalem 33: Imperium Romanum, Kota Para Nabi,dan Tragedi Di Tanah Suci”
click image to preview activate zoom
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! FAST ORDER
Bagikan ke

Kompas “Jerusalem 33: Imperium Romanum, Kota Para Nabi,dan Tragedi Di Tanah Suci”

  • Penerbit: Penerbit Buku Kompas
  • Penulis: Trias Kuncahyono
  • ISBN: 978-979-709-563-5
  • Deskripsi Fisik: 330 Halaman
  • Cover: Soft
  • Tahun Penerbitan: 2011

 

Kompas “Jerusalem 33: Imperium Romanum, Kota Para Nabi,dan Tragedi Di Tanah Suci”


Imperium Romanum atau Kekaisaran Romawi mencapai zaman keemasan pada masa pemerintahan Kaisar Augustus (21 SM – 14 M). Itulah masa di mana segenap warganya menikmati hidup yang sejahtera, aman, dan damai. Kaisar Augustus, karenanya, sering disebut-sebut sebagai “Pangeran Perdamaian”.

Namun, kedamaian ternyata tak pernah sampai di Yerusalem, yang waktu itu jadi bagian daerah taklukkan Romawi di Timur Tengah. Di sana, para penguasa Roma memerintah dengan otoriter, bahkan kejam. Tak ada sedikit pun rasa damai di kota para nabi itu. Bagi warga Jerusalem, perjalanan sejarah bersama Imperium Romanum justru meninggalkan luka yang dalam, terutama setelah peristiwa konspirasi triumvirat Pontius Pilatus, Raja Herodes Antipas, serta Imam Agung Hanas dan Kayafas, yang berujung pada penyaliban Nabi Isa, Yesus. Buku ini secara khusus mengupas tentang Jerusalem pada tahun 33, termasuk peristiwa-peristiwa historis lain yang terjadi waktu itu. Juga tentang tokoh-tokoh lain yang ikut terlibat dalam persekongkolan keji itu.

Dalam karyanya ini, Trias Kuncahyono, penulis buku laris Jerusalem: Kesucian, Konflik, dan Pengadilan Akhir menggali lebih dalam sejarah Tanah Kanaan yang kini disebut Palestina, sejarah yang dimulai sejak Nabi Ibrahim (Abraham) meninggalkan kampung halaman di Mesopotamia untuk memenuhi panggilan Tuhan pergi ke tanah yang dijanjikan; sampai ke sejarah konflik Israel-Palestina yang tak kunjung usai hingga hari ini.

∗∗∗

Kita mendapatkan pelajaran sangat berharga dari Jerusalem. Kita seolah-olah berada di Jerusalem pada tahun 33 Di samping bahasanya mengalir, mudah dipahami, tetapi bobot sejarah, teologi, dan pergulatan politiknya dipaparkan dengan gamblang

Zuhairi Misrawi, Intelektual Muda Nahdlatul Ulama

Buku ini memberikan jawaban refleksi jalan tengah peradaban, ketika cara mengecam terlalu politis dan konspirasi agama dan politik sampai hari ini tetap tidak menemukan jatan keluar di satu ekstrem se dangkan di ekstrem yang lain solusi peradaban spiritualitas padang gurun kerap dilihat sebelah mata lantaran enak ditulis dan normatif bermakna, namun fakta dan data sosiolog kultural serta sejarah panjang pertikaian berdarah-darah terus menuliskan sejarah merah berdarah.

Prof. Dr. Mudji Sutrisno, SJ. Rohaniwan, Budayawan, dan Pengajar STF Driyarkara.

Tags: , ,

Kompas “Jerusalem 33: Imperium Romanum, Kota Para Nabi,dan Tragedi Di Tanah Suci”

Berat 343 gram
Kondisi Baru
Dilihat 686 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: