Beranda » Ensiklopedia » Kompas “Ensiklopedia Pulau-Pulau Kecil Nusantara: Banggai-Sulawesi Tengah”
click image to preview activate zoom
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! FAST ORDER
Bagikan ke

Kompas “Ensiklopedia Pulau-Pulau Kecil Nusantara: Banggai-Sulawesi Tengah”

  • Penerbit: Penerbit Buku Kompas
  • Penulis: Tim Kementrian Kelautan dan Perikanan
  • ISBN: 978-979-709-781-3
  • Deskripsi Fisik:-
  • Cover: Soft
  • Tahun Penerbitan:-

 

Kompas “Ensiklopedia Pulau-Pulau Kecil Nusantara: Banggai-Sulawesi Tengah”


PROVINSI Sulawesi Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berada di wiłayah Pulau Sulawesi. Provinsi ini memiliki ribuan pulau yang menguntai dari Kabupaten Morowali di selatan sampai Kabupaten Buol di bagian utara. Luas wilayah darat me liputi 61.841,29 km² dan luas perairan laut sekitar 189.480 km² dengan jumlah 1.134 pulau.

Banggai adalah nama pulau sekaligus nama wilayah administrasi serta nama kerajaan. Dinamika pemerintahan di tempat ini amat dinamis, bahkan cukup dramatis. Bermula dari satu kabupaten bernama Kabupaten Banggai, berlanjut dengan lahimya Kabupaten Banggai Kepulauan, dan terakhir adalah Kabupaten Banggai Laut.

Laut Banggai adalah habitat ikan BanggaiCardinal (Pterapogon Kauderni) atau yang dikenal dengan Banggai Cardinalfish (BCF) yang merupakan ikan laut endemik di Kepulauan Banggai yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia,

Kekayaan budaya Provinsi Sulawesi Tengah tak bisa dilepaskan dari keberadaan kerajaan Banggai. Kejayaan kerajaan ini tidak terlepas dari si burung Maleo Senkawor atau Maleo, sejenis burung dengan panjang sekitar setengah meter. Tetapi kini maleo yang merupakan burung endemik di Sulawesi terancam punah karena habitat yang semakin sempit dan telur-telurnya yang diambil oleh manusia.

∗∗∗

“Setelah mengakte-lahirkan pulau kita alias menamakannya, maka selanjutnya anak-anak alias pulau tersebut perlu dibesarkan dan dibina untuk optimalisasi potensinya bagi kepentingan orang tuanya alias NKRI. Itulah tujuan publikasi ensiklopedia ini.

Prof. Dr. Alex S.W. Retraubun M.Sc.(Wakil Menteri Perindustrian)

“Teruntai laksana zamrud di seantero laut Nusantara, pulau-pulau kecil yang tidak dapat di pungkiri memiliki potensi dan kekayaan sumber daya alam yang luar biasa besar, seharusnya menjadi dasar pijak pembangunan negara kepulauan Indonesia menuju negara maritim yang tangguh dan mandiri. Karena itu, setiap daerah baik pada tataran provinsi maupun kabupaten/ kota seyogianya mengunk segenap potensi dan kekayaan pulau-pulau kecilnya yang dapat di jadikan landasan kebijakan pembangunan kemaritiman bagi sebesar-besarnya kesejahteraan dan kemakmuran rakyat”

Prof. Dr. Ir. Dietriech G. Bengen, DEA (Pakar Kelautan IPB)

“Saya yakin ensiklopedia ini akan menambah wawasan dan pengetahuan para pembaca perihal kekayaan serta betapa indahnya alam Indonesia”.

Prof. Dr. dr. Idrus A. Paturusi (Rektor Unhas)

Tags: , , ,

Kompas “Ensiklopedia Pulau-Pulau Kecil Nusantara: Banggai-Sulawesi Tengah”

Berat 366 gram
Kondisi Baru
Dilihat 360 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: