Beranda » Agama » Umum » Kompas “Madinah: Kota Suci, Piagam Madinah, Dan Teladan Muhammad SAW”
click image to preview activate zoom
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! FAST ORDER
Bagikan ke

Kompas “Madinah: Kota Suci, Piagam Madinah, Dan Teladan Muhammad SAW”

  • Penerbit : Penerbit Buku Kompas
  • Penulis : Zuhairi Misrawi
  • ISBN : 978-979-709-450-8
  • Deskripsi Fisik : 488 Halaman
  • Cover : Soft
  • Tahun Penerbitan : 2009

 

Kompas “Madinah: Kota Suci, Piagam Madinah, Dan Teladan Muhammad SAW”


Madinah adalah kota suci kedua setelah Mekkah. Jika di Mekkah terdapat Masjidil Haram yang di dalamnya ada Ka’bah, maka di Madinah terdapat Masjid Nabawi yang di dalamnya ada makam Nabi Muhammad SAW dan Taman Raudhah yang diyakini merupakan tempat mustajab untuk memanjatkan doa.

SALAH satu keistimewaan Madinah daripada kota-kota lainnya, kota ini identik dengan Nabi Muhammad SAW. Setelah Nabi melaksanakan hijrah dari Mekkah ke Madinah, kota ini kemudian disebut sebagai Madinah al-Nabi atau Kota Nabi. Hal ini karena kehidupan Nabi serta ajaran-ajarannya yang luhur dikukuhkan di kota tersebut. Di kota ini pula Nabi berhasil membangun tatanan masyarakat yang adil, damai, dan berkeadaban yang menunjukkan keteladanannya. Di kota ini pula masa-masa terakhir kehidupan Nabi ditulis dengan tinta emas.

Bagaimana mengenai Piagam Madinah? Piagam ini merupakan upaya yang sungguh-sungguh dari Nabi untuk membangun toleran si. Beliau ingin menunjukkan kepada umatnya bahwa pemimpin nannya akan mengedepankan prinsip toleransi, perdamaian, dan keadaban yang mengukuhkan Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin, rahmat bagi semesta alam.

Dalam buku ini pun diurai dengan jernih keistimewaan Madinah sejak zaman pra-Islam, masa Islam, dan di zaman modern kini. Buku ini juga dilengkapi dengan penjelasan tentang Ziarah Makam Nabi, Masjid Nabawi, Raudhah, serta tempat-tempat lain yang memiliki nilai historis-teologis yang sangat tinggi.

∗∗∗

Madinah adalah kiblat pertama peradaban umat Islam. Di kota ini Jejak-jejak kepemimpinan Islam yang bervisi ke depan, kemajuan, keadilan, dan kesejahteraan dipancangkan. Membaca buku ini akan memberikan motivasi dan percaya diri yang tinggi untuk membangun peradaban keindonesiaan yang berkeadilan dan berkeadaban.

(Prof. Dr. Amin Abdullah, Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta)

Madinah adalah simbol dari hadirnya kebhinekaan, keadilan, dan modernitas di zamannya. Itu menjadi tantangan kontemporer untuk dihadirkan, khususnya dalam konteks keindonesiaan. Membaca buku tokoh muda Nahdlatul Ulama ini, kita diajak sejenak untuk menyelam ke dalam lautan masa lalu sambil berlayar ke pulau harapan yang berkeadilan, damai, dan sejahtera. Buku ini perlu dibaca dan dijadikan rujukan.

(Anies Baswedan, Ph.D., Rektor Universitas Paramadina)

Keberhasilan Nabi Muhammad SAW dalam memimpin dan membangun Madinah perlu dijadikan contoh bagi umat Islam, terutama dalam hal membangun solidaritas dan persaudaraan di tengah kebhinekaan. Buku ini memberikan ulasan dan informasi yang lengkap tentang komitmen Islam dalam membangun kehidupan yang damai dan toleran.

(Prof. Dr. Azhar Arsyad, Rektor Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar)

Tags: , ,

Kompas “Madinah: Kota Suci, Piagam Madinah, Dan Teladan Muhammad SAW”

Berat 473 gram
Kondisi Baru
Dilihat 260 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: