Beranda » Penerbangan » Kompas “Cat Rambut Orang Yahudi: Catatan Blog Chappy Hakim”
click image to preview activate zoom
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! FAST ORDER
Bagikan ke

Kompas “Cat Rambut Orang Yahudi: Catatan Blog Chappy Hakim”

  • Penerbit: Penerbit Buku Kompas
  • Penulis: Chappy Hakim
  • ISBN: 978-979-709-430-0
  • Deskripsi Fisik: 326 Halaman
  • Cover: Soft
  • Tahun Penerbitan: 2009

 

Kompas “Cat Rambut Orang Yahudi: Catatan Blog Chappy Hakim”


Chappy Hakim pernah dikenal sebagai orang nomor satu di angkatan udara negeri ini. Sekarang, Chappy lebih dikenal sebagai blogger Kompasiana. Ia punya predikat “The Real Blogger”, meski belum lama menerjuni ranah maya ini. Dari hasil ngeblog-nya di Kompasiana, blog yang dibangun Kompas.com, lahirlah buku Cat Rambut Orang Yahudi ini.

Chappy bercerita tentang orang Yahudi yang pintar pintar itu, ada cerita tentang keputusan finalnya untuk berhenti mengecat rambut putihnya agar menjadi hitam hanya untuk alasan sepele, takut cucunya tidak bisa membedakan mana bapak dan mana kakek. Ada pengetahuan mengenai budaya asal bapak senang di dunia militer yang baru terungkap sekarang. Ada renungan setiap hari Jumat, meski Chappy bukanlah seorang pendakwah.

Lewat Cat Rambut Orang Yahudi, Chappy tengah menguji asumsi Thomas L Friedman dalam bukunya The World Is Flat, bahwa dunia itu datar. Bagi Friedman, semua orang punya kesempatan yang sama mencapai satu titik, baik menggunakan pesawat supersonik ataupun lewat kemampuan memanfaatkan internet. Itulah yang dijajaki Chappy lewat postingannya yang mengalir. Tidak ada batasan preferensi atau hobi, asalkan sesuai kata hati, minat dan selera, jadilah sebuah tulisan. Tidak harus terikat “jaim alias jaga image. yang penting lewat tulisan itu dia bisa berbagi (share).

∗∗∗

MEMBACA kumpulan tulisan Marsekal Chappy Hakim dalam buku ini, teringatlah saya rubrik Kompasiana dalam HU Kompas yang terbit tahun 60an-70an, diasuh oleh PK Ojong. Narasinya menarik, sangat human dituturkan secara lugas, bersemangat keberpihakan pada rakyat mengangkat persoalan-persoalan aktual yang kadang-kadang sebagai peristiwa biasa menjadi kaptoks mangingatkan jati diri kemanusiaan. Semua peristiwa ditempatkan dalam konteks jati diri manusia yang manusia-kerdil sekaligus adi luhur-mulia.

Jakob Oetama

∗∗∗

Chappy Hakim, lahir di Yogyakarta, 17 Desember 1947. Menyelesaikan pendidikan SD SMP dan SMA di Jakarta. Lulusan Akabri Udara 1971, Sekolah Penerbang. Sekkau, Sekolah Instruktur Penerbang. Seskoau, Seskogab, dan Lemhannas. Mantan KSAU 2002-2005, Ketua Timnas EKKT 2007, memiliki 8.000 jam terbang dengan berbagai tipe pesawat, menulis aktif di media, karya buku Pelangi Dirgantara, Untuk Indonesiaku, Air Diplomacy, dan Dan Segara ke Angkasa. Beristrikan Dra Pusparani Hasjim M Psi, dikaruniai dua anak. Tascha Liudmila MSc, dan Fatsi Anzani SE, MSi,  MHRM, serta seorang cucu Cleantha Haziqa Andries

Tags: , ,

Kompas “Cat Rambut Orang Yahudi: Catatan Blog Chappy Hakim”

Berat 299 gram
Kondisi Baru
Dilihat 464 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: