Beranda » Hukum » Hukum Syariah » Gramedia “Hukum Internasional dan Hukum Islam Tentang Sengketa dan Perdamaian”
click image to preview activate zoom
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! FAST ORDER
Bagikan ke

Gramedia “Hukum Internasional dan Hukum Islam Tentang Sengketa dan Perdamaian”

  • Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
  • Penulis : Prof .Dr. Muhammad Ashri, S.H, M.H, Rapung Samuddin, LC, M.A
  • ISBN : 978-979-22-9878-9
  • Deskripsi Fisik : 451 Halaman. 23 cm
  • Cover : Soft
  • Tahun Penerbitan : 2013

 

Gramedia “Hukum Internasional dan Hukum Islam Tentang Sengketa dan Perdamaian”

Tidak banyak yang tahu bahwa Hukum Internasional tentang sengketa dan perdamaian yang berlaku hingga saat ini sedikit banyak merupakan kontribusi ajaran Hukum Islam. Islam lebih dulu memperkenalkan konsep-konsep perang dan perdamaian, yang kemudian diserap oleh para pencetus Hukum Internasional. Hal ini diakui oleh sejumlah penulis dan sejarawan Eropa, seperti Jean Allain, Marcel Boisard, dan Theodor Landschdeit.

Kontribusi Islam terhadap Hukum Internasional mencakup prinsip prinsip hukum mengenai hubungan antarbangsa, baik dalam keadaan damai maupun dalam suasana konflik seperti perang. Prinsip-prinsip hukum dalam suasana damai, antara lain meliputi perlakuan orang asing di negara Islam, khususnya perwakilan diplomatik asing yang tidak boleh diganggu (inviolability). Sementara dalam suasana konflik. Islam menyumbang sejumlah prinsip hukum seperti kaidah perang, perlakuan terhadap musuh dan penduduk sipil, bahkan terhadap lingkungan hidup.

Disusun dalam bentuk pemaparan mendalam dan sistematis, Hukum Internasional dan Hukum Islam tentang Sengketa dan Perdamaian ini juga membeberkan bukti nyata guna menepis stigma negatif yang kerap dilekat kan pihak Barat-khususnya kalangan media massa-kepada Islam, yaitu “agama perang yang penuh kekerasan”. Islam dengan keluwesan syariat nya justru aktif memberikan solusi untuk berbagai bentuk sengketa. Islam juga dengan tegas menjabarkan pengakuan terhadap perbedaan menjalin hubungan baik dalam menciptakan tatanan hidup bersama, toleransi dan saling menghormati, serta saling bekerja sama vang semua aturan tersebut selalu selaras dengan perkembangan.

Buku ini bukan hanya merupakan percaya bagi kalangan alat demisi, khususnya yang berkecimpung dalam bidang kajian Hukum Islam, Politik Islam, Hukum Internasional, dan Hubungan Internasional, tetapi juga bisa menjadi “santapan nikmat” para pemerhati masalah hukum, keadilan, dan Islam.

Tags: , , , ,

Gramedia “Hukum Internasional dan Hukum Islam Tentang Sengketa dan Perdamaian”

Berat 605 gram
Kondisi Baru
Dilihat 385 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: