Beranda » Bisnis » PPM “Seluk Beluk Dan Teknik Perdagangan Luar Negeri”
click image to preview activate zoom
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! FAST ORDER
Bagikan ke

PPM “Seluk Beluk Dan Teknik Perdagangan Luar Negeri”

  • Penerbit: Penerbit PPM
  • Penulis: Amir MS
  • ISBN: 979-442-191-4
  • Deskripsi Fisik: 382 Halaman
  • Cover: Soft
  • Tahun Penerbitan: 2000

 

PPM “Seluk Beluk Dan Teknik Perdagangan Luar Negeri”


Setiap negara berbeda satu dengan lainnya bila ditinjau dari segi sumber alam, iklim. letak geografis, penduduk, pendidikan, tenaga kerja, tingkat harga, keadaan ekonomi, politik, sosial, dan budayanya. Perbedaan-perbedaan tersebut menimbulkan pula perbedaan produk yang dihasilkan biaya yang dikeluarkan, serta mutu dan kuantumnya. Oleh karenanya mudah dipahami bila ada negara yang lebih unggul atau istimewa dalam memproduksi komoditas tertentu.

Adakalanya produk dari suatu negara belum dapat dikonsumsi seluruhnya di dalam negeri. Kondisi semacam itu mendorong orang untuk memperdagangkan hasil produksi itu ke negara lain. Perdagangan barang dari suatu negara ke negara lain itulah yang disebut perdagangan luar negeri.

Pada umumnya, tata cara perdagangan dalam negeri tidak berbeda dengan perdagangan luar negeri. Hanya saja perdagangan luar negeri agak sulit dan rumit karena beberapa faktor berikut:

  • Pembeli dan penjual terpisah oleh batas-batas kenegaraan
  • Barang yang dikirim dari satu negara ke negara lain melalui bermacam peraturan misalnya peraturan pabean, yang dikeluarkan masing-masing negara.
  • Antara satu negara dengan negara lainnya terdapat perbedaan bahasa, mata uang. takaran dan timbangan, hukum dan peraturan dalam perdagangan, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, dalam melakukan perdagangan luar negeri, pengetahuan mengenai pemasaran ekspor, teknis pembiayaan ekspor atau impor, asuransi perdagangan, pengapalan (shipping)urusan pabean, dan lain sebagainya mutlak diperlukan. Buku ini cocok untuk para pemikir, perencana, penanggung jawab, serta pelaku yang bergerak dalam bidang perdagangan internasional, termasuk pejabat sipil dan militer seperti atase perdagangan dan staf logistik, maupun siswa yang menekuni bidang ekspor impor pada umumnya.

∗∗∗

Amir M. S. lahir tanggal 11 Mei 1932 di Kubang – Suliki, Sumatera Barat. Beliau menamatkan studi di fakultas Ekonomi dan Politik Universitas Nasional Jakarta tahun 1959. Beliau juga telah mengikuti berbagai kursus manajemen diantaranya adalah pada Lembaga Manajemen UI, Lembaga Administrasi Negara, Lembaga Manajemen PPM, The Institute of Export dan Business Management Association – London.

Pengalaman sebagai proteksi ekspor impor tidak diragukan lagi. Beliau pernah menjabat sebagai manajer Impor pada PT Usindo di Jakarta, Deputy Managing Director Usindo Coy Ltd di Tokyo, Deputy Managing Director Yudho Niaga Led di London. Direktur PD Irian Bhakti merangkap Ketua Tim Logistik Pepero (Penentuan Pendapat Rakyat – The Act of Free Choice) di Jayapura. Sejak tahun 1976 beliau berwirausaha dan mejabat Direktur Perusahaan Ekspor Impor dan Industri Petrokimia.

Selain sebagai praktisi, beliau juga menjadi pengajar ekspor impor di Lembaga Manajemen PPM, The World Trade Institute, PPEI (Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia) – Deperindag. Karya beliau yang telah di terbitkan adalah seluk beluk dan teknik perdagangan Luar Negeri, Pengetahuan Bisnis ekspor impor, Letter of Credit, dan Peti Kemas. Kini tiga judul buku baru sedang disipakan untuk terbit: Strategi Pemasaran Ekspor, Kontrak Dagang Ekspor, dan Penetapan Harga Ekspor.

 

 

Tags: , , , ,

PPM “Seluk Beluk Dan Teknik Perdagangan Luar Negeri”

Berat 564 gram
Kondisi Baru
Dilihat 304 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: