Beranda » Biografi » Kompas “Soekarno: Membongkar Sisi-Sisi Hidup Putra Sang Fajar”
click image to preview activate zoom
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! FAST ORDER
Bagikan ke

Kompas “Soekarno: Membongkar Sisi-Sisi Hidup Putra Sang Fajar”

  • Penerbit : Penerbit Buku Kompas
  • Penulis : Daniel Dhakidae
  • ISBN : 978-979-709-734-9
  • Deskripsi Fisik : 428 Halaman.
  • Cover : Soft
  • Tahun Penerbitan : 2013

 

Kompas “Soekarno: Membongkar Sisi-Sisi Hidup Putra Sang Fajar”


Menemukan realitas tentang Soekarno -Soekarno sebagaimana Soekarno mengartikan dirinya dan Soekarno sebagaimana Indonesia melihatnya barangkali memang hal yang musykil. Semakin dalam Soekarno diteliti dan dibongkar, semakin kita tidak menemukan Soekarno. Di balik nama besarnya, Soekarno tetap manusia biasa dengan kepribadian- annya yang garang sekaligus lembut. la pembenci kapitalisme dan imperialisme, tetapi pencinta perempuan. Soekarno mungkin memang pantas disebut “penyambung lidah” rakyat karena retorikanya yang memukau rakyat dan memukau dirinya sendiri. Rakyat dan Soekarno seolah-olah satu. Dia adalah “api” di tengah lautan massa, dan massa “terbakar” bila di hadapan mereka ada sosok Soekarno.

Masa pembuangannya di Ende (1934-1938) sempat meredupkan api Putra Sang Fajar. Di sana Soekarno lebih menjadi “lilin” yang tak sampai membuatnya berkibar dan berkobar-kobar. Namun, nyala lilin itu kemudian menjelma menjadi “api vulkanik” yang sekali lagi membakar rakyat pada masa pendudukan Jepang untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Siapa pun yang ingin menelisik sosok Bung Karno, ia harus kembali ke pertanyaan dasar: siapa sebenarnya Soekarno? Apa yang telah diperbuat dan di hasilkannya? Memberi jawaban pasti sama dengan pengkhianatan, karena Soekarno tidak pernah seperti yang dibayangkan orang tentang dirinya. Meragukan apa yang dilakukannya membuat risiko lebih besar karena akan berhadapan langsung dengan para pengikutnya ketimbang dengan Soekarno sendiri.

Barangkali ini buku pertama tentang Soekarno yang isinya sebagian besar ditulis oleh orang-orang muda yang tak pernah secara fisik melihat dan mendengar Soekarno. Sebagian dari mereka baru berusia di bawah lima tahun, bahkan ada di antara mereka belum lahir ketika Soekarno meninggal dunia pada 1970.

Tags: , , ,

Kompas “Soekarno: Membongkar Sisi-Sisi Hidup Putra Sang Fajar”

Berat 475 gram
Kondisi Baru
Dilihat 298 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: