Beranda » Politik » Pelangi Cendekia “Strategi Pembangunan Mahathir & Soeharto”
click image to preview activate zoom
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! FAST ORDER
Bagikan ke

Pelangi Cendekia “Strategi Pembangunan Mahathir & Soeharto”

  • Penerbit: Pelangi Cendekia
  • Penulis: Syamsul Hadi
  • ISBN: 979-98647-1-2
  • Deskripsi Fisik: 308 Halaman
  • Cover: Soft
  • Tahun Penerbitan: 2005

 

Pelangi Cendekia “Strategi Pembangunan Mahathir & Soeharto”
Politik Industrialisasi dan Modal Jepang di Malaysia dan Indonesia


Ketika PM Mahathir Mohamad menolak himbauan untuk meminta bantuan IMF guna menanggulangi dampak krisis di Malaysia, media massa Barat dan ekonom Barat serta-merta mencemoohkannya. “Kehancuran Malaysia hanya menunggu waktu”. Nyatanya, tanpa bantuan IMF Malaysia menjadi negara pertama yang dengan gemilang mampu bangkit dari krisis Asia. Sebaliknya, Indonesia di bawah Soeharto dan para penggantinya yang tunduk pada IMF justru terus terpuruk dalan jurang krisis yang seakan tiada akhir.

Buku ini berupaya menunjukkan bahwa keberhasilan pembangunan suatu negara amat ditentukan oleh kemampuan mendiagnosis akar akar persoalan sosial, ekonomi dan politik, untuk kemudian mengatasinya “tepat di jantung masalah”. Untuk itu diperlukan suatu kepemimpinan yang cerdas, determinatif dan visioner seperti yang diperagakan oleh Mahathir. Dengan merajut sintesa teoritis dan faktual secara cermat namun kritis, buku ini menunjukkan bagaimana rezim politik di Malaysia yang dibangun di atas konsep dan visi pembangunan yang cerdas mampu mendudukkan negara itu menjadi salah satu negara termaju di Asia. Dikupas pula bagaimana Mahathir (dibandingkan Soeharto) lebih cerdik dalam memanfaatkan modal asing, khususnya modal Jepang, bagi agenda industrialisasi bangsanya sendiri.

Sebuah buku yang tak layak dilewatkan oleh kalangan akademisi mahasiswa dan praktisi bidang sosial, ekonomi, politik, hubungan internasional, dan studi pembangunan, serta siapapun yang mau dengan rendah hati belajar dari keberhasilan “bangsa serumpun”, seraya membandingkannya dengan keterpurukan bangsa sendiri, untuk kemudian menemukan cetak biru solusi paling tepat bagi bangsa ini ke depan.

Tags: , ,

Pelangi Cendekia “Strategi Pembangunan Mahathir & Soeharto”

Berat 611 gram
Kondisi Baru
Dilihat 208 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: