Beranda » Biografi » Kompas “Kiai Ahmad Dahlan: Jejak Pembaruan Sosial dan Kemanusiaan”
click image to preview activate zoom
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! FAST ORDER
Bagikan ke

Kompas “Kiai Ahmad Dahlan: Jejak Pembaruan Sosial dan Kemanusiaan”

  • Penerbit : Penerbit Buku Kompas
  • Penulis : Abdul Munir Mulkhan
  • ISBN : 978-979-709-497-3
  • Deskripsi Fisik : 308 Halaman
  • Cover : Soft
  • Tahun Penerbitan : 2010

 

Kompas “Kiai Ahmad Dahlan: Jejak Pembaruan Sosial dan Kemanusiaan”


Seabad lalu, kemanusiaan merupakan salah satu prinsip pemikiran penting dari founding father Muhammadiyah Kiai Ahmad Dahlan. Sayang, generasi penerus Muhammadiyah seperti telah melupakan etika welas asih yang universal dan kontekstual dengan kondisi masyarakat Indonesia tersebut.

Bahkan, gagasan kemanusiaan dan kebangsaan Kiai Ahmad Dahlan pernah dikhianati oleh sebagian generasi penerus yang mengaku sebagai pewaris Muhammadiyah. Mereka terjebak pada pengecilan makna gerakan perubahan yang dimotori Kiai Ahmad Dahlan men jadi hanya sekadar gerakan penumpasan TBC (takhayul, bidah, khurafat), Mereka pun terjebak pada pengulangan atau sekadar mencontoh apa yang sudah pernah dilakukan Kiai Ahmad Dahlan.

Ketika masih murni sebagai organisasi yang didasarkan atas etika welas asih, Muhammadiyah memiliki sikap yang terbuka pada modernitas. Muhammadiyah juga menunjukkan dengan nyata keberpihakan pada kaum proletar. Karenanya, meski berbasis agama, gerakan Muhammadiyah mengundang simpati banyak kalangan dari beragam latar belakang sosio budaya Namun, kini, mengapa gerakan reformasi kemanusiaan Kiai Ahmad Dahlan, yang bersumber pada ayat-ayat kitab suci dan sunnah Rasul, belakangan terkesan lebih terbatas pada sekadar kegiatan mencari penempatan atau posisi politik? Pertanyaan besar inilah yang dicoba dijawab Prof. Abdul Munir Mulkhan dalam buku ini, yang merupakan salah satu karya tulis paling jujur dan komprehensif dalam memetakan berbagai gagasan dan pemikiran Kiai Ahmad Dahlan.

∗∗∗

PROF. DR. ABDUL MUNIR MULKHAN lahir di Jember, 13 November 1946. Kini sebagai Dosen Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan anggota Komnas HAM Periode 2007-2012. Riwayat pendidikan yang ditempuhnya S-1 Filsafat UGM (1982) S-2 Sosiologi UGM (1988), S-3 Sosiologi UGM (1999) dan Postdoctoral Research di McGill University Canada (2003). Dalam berorganisasi pernah menjadi Sekretaris Biro Organisasi dan Kader PP Muhammadiyah 1979-1995 Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah (1995), Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah (1995). Anggota Majlis DIKTI (Pendidikan Tinggi). PP Muhammadiyah (2005-2010)

Tags: , ,

Kompas “Kiai Ahmad Dahlan: Jejak Pembaruan Sosial dan Kemanusiaan”

Berat 298 gram
Kondisi Baru
Dilihat 311 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: